Welcome to Padmanaba Official Site.

Bhakti vidya ksatria tama. Tan lalana labet tunggal bangsa. Jaya, jaya Padmanaba!


Watch video
BERITA

Meriahnya Pesta Demokrasi di Padmanaba Dalam Ajang Pemilihan Ketua OSIS 2017-2018

Meriahnya Pesta Demokrasi di Padmanaba Dalam Ajang Pemilihan Ketua OSIS 2017-2018

13 September 2017 Administrator Dibaca : 321 Kali

Kembali berlangsung kegiatan di halaman sekolah pada Rabu, 13 September 2017. Kali ini adalahlah Orasi CKO (Calon Ketua Osis) untuk masa bakti 2017/2018. Terdapat enam CKO yang berorasi, Alexandro Rakka Prstista (XI Ipa2), Satria Handar Prastista (X IPA4), Maulana Salsabila (XI IPA5), Syakira Divany Wijaya  (X IPS), Najla Mumtaza (XI IPA4), Irhami Al Adaby (XI IPA5), dan Arkan Daffa Lazuardi (X IPS).
Orasi yang berlangsung sejak pukul 10.00 itu diawali dengan sambutan dari wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, Soemaryoto, M.Pd, yang menekankan bahwa orasi CKO merupakan salah satu kegiatan pengembangan keterampilan berdemokrasi dan kepemimpinan di SMA Negeri 3 Yogyakarta sehingga diharapkan semua warga sekolah memberikan partisipasi yang maksimal, termasuk kepada Bapak Ibu guru dan karyawan sekolah. Sementara itu, Dito Aulia Rahman, ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas) dalam sambutnnya menyampaikan bahwa orasi CKO ini bukan formalitas, orasi CKO ini diperlukan untuk memantapkan kita dalam memilih ketua OSIS yang akan dilaksanakan hari ini juga mulai pukul 13.00.
Dari tujuh CKO dalam visi dan misinya semua mengemukakan tentang pentingnya menjalin komunikasi dan kerjasama di antara segenap warga sekolah. Seperti disampaikan salah satu CKO, Luna, “ikatan kekeluargaan perlu ditingkatkan, karena setiap bagian dari SMA Negeri 3 Yogyakarta dapat diibaratkan sebagai satu tubuh, semua menjalankan fungsi dan peran yang tertentu sehingga semua layak mendapatkan penghargaan”. Hal senada disampaikan oleh CKO Satriya, bahwa mewujudkan sinergi warga sekolah dengan mewujudkan kemistri di segenap pengurus OSIS sangat penting, dan perlu diluaskan ke MPK dan siswa semua. “Witing Trisno Jalaran seko Kulino”, demikian Satriya mengutip pepatah dalam bahasa Jawa, “makan harus dijalin komunikasi yang terus-menerus dan intensif”.
Issue lain yang diungkapkan dalam orasi CKO ini adalah tentang perlunya keseimbangan perilaku dengan prestasi akademik dan non-akademik. Hal demikian diungkapkan oleh CKO Lala. “Diperlukan penanaman rasa senang mentaati peraturan”, demikian Lala menyampaikan salah satu cara untuk mencapai visi dan misinya itu.  CKO Arkan yang masih duduk di kelas X IPS memiliki visi memantapkan warga Padmanaba sebagai pribadi yang unggul dan berkompeten. Menurutnya, kompetensi warga Padmanaba yang beraneka ragam adalah modal untuk mencapai hal tersebut. “Padmanaba itu heterogen, berbeda latar belakang dan pandangan, maka langkah yang perlu dilakukan adalah menyatukan tanpa perlu menyamakan”, demikian ujarnya.
Visi jauh ke depan diungkapkan oleh CKO Syakira, ia memiliki visi mengimplementasikan keterampilan Abad 21 dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan ke-OSIS-an. “Kemampuan berfikir kritis, kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi harus menjadi keterampilan yang dimiliki oleh semua siswa Padmanaba”, demikian salah satu potongan dari apa yang diungkapkan Syakira.
Pentingnya data dikemukakan oleh CKO Adaby. “Program kerja OSIS hendaknya didasarkan pada hasil survey, apa yang dimaui oleh warga Padmanaba hendaknya menjadi prioritas program kegiatan OSIS. OSIS harus dapat menghubungkan antara apa yang menjadi harapan para siswa dengan sekolah”, demikian dikatakan oleh Adaby.
Pada sesi pertanyaan, menjawab pertanyaan salah satu guru, Bu Marcella Rien Hartati, tentang kesiapan jika diterapkan lima hari sekolah, semua CKO menyatakan akan mengefektifkan kegiatan-kegiatan OSIS, karena tentu dengan lima hari, hari sekolah akan lebih panjang, kegiatan belajar akan berakhir lebih sore. Di sisa waktu yang ada akan diefektifkan kegiatan-kegiatan dan ekstrakurikuler. Mereka mengakui harus lebih cermat dalam menjadwalkan kegiatan. “Jika sabtu dan minggu dapat digunakan untuk kegiatan, maka kami akan menggunakannya untuk kegiatan-kegiatan non-akademik, dan tentu kegiatan bersama keluarga”, demikian ungkap Luna salah seorang CKO. 
Orasi CKO diakhiri pukul 13.00 dilanjutkan dengan pemilihan ketua OSIS secara ONLINE yang diikuti oleh semua siswa, guru, dan karyawan sekolah. Sejak kemarin (Selasa, 12 September 2017), semua siswa dan guru sudah mendapatkan barcode yang dapat discan dengan aplikasi berbasis android pemilihan ketua OSIS Padmanaba. Tetapi server baru akan dibuka hari ini mulai jam 13.00, sehingga semua pemegang kartu barcode baru bisa melakukan pilihan setelah pukul 13.00 WIB.


Kominfo Humas Padmanaba




KOMENTAR

BERITA LAINNYA

» Indeks

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

image Assalamu'alaikum wr.wb...

Detail

PADMANABA VOTES

Apakah website ini bagus ?





Lihat Hasil

BANNER


KATEGORI


ARSIP 2017