Welcome to Padmanaba Official Site.

Bhakti vidya ksatria tama. Tan lalana labet tunggal bangsa. Jaya, jaya Padmanaba!


Watch video
BERITA

Keseruan Studium Generale bersama Ing. Hafida Fahmiasari, S.T., M.Sc (Padmanaba 64)

Keseruan Studium Generale bersama Ing. Hafida Fahmiasari, S.T., M.Sc (Padmanaba 64)

11 September 2017 Administrator Dibaca : 256 Kali

Untuk kesekian kalinya SMA Negeri 3 “Padmanaba” Yogyakarta menyelenggarakan (SG) Studium Generale yang diperuntukkan bagi semua peserta didik SMA Negeri 3 Yogyakarta, kelas X, XI, dan XII. SG kali ini menghadirkan Ing. Hafida Fahmiasari, S.T., M.Sc., yang juga alumni Padmanaba yang lulus pada 2009, atau dikenal sebagai Padmanaba 64, dengan tema kepemimpinan. Tema ini diambil sesuai dengan tema pengembangan sekolah sebagai School of Leadership, sekaligus implementasi dari ditetapkannya SMA Negeri 3 Yogyakarta sebagai salah satu SMA Rujukan oleh Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan RI.

Acara yang berlangsung di halaman tengah sekolah mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 dipandu oleh MC Faza dan Tia ini berlangsung interaktif dengan model talk show, diawali dengan pertanyaan-pertanyaan oleh MC, mulai dari pengalaman  Fida, panggilan akrab narasumber, ketika bersekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Fida pun menceritakan tentang aktivitasnya di OSIS sebagai Ketua Bidang Kepemimpinan, sebagai Pemimpin Umum Majalah Progresif (Majalah Siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta), sebagai kapten Tim Basket, dan terlibat dalam berbagian kegiatan kesiswaan.

“Pengalaman mengelola konflik ketika masih aktif di kegiatan OSIS sangat bermanfaat ketika di kehidupan nyata harus menghadapi tantangan-tantangan dan sikap-sikap dari relasi yang terkadang keras terhadap kita. Menghadapi hal-hal demikian kalau kita baper(terbawa perasaan) kita bisa gagal. Maka, kalian silakan memanfaatkan waktu kalian dengan sebaik-baiknya sebagai siswa Padmanaba, karena Padmanaba memberikan kesempatan yang luar biasa luasnya kepada kalian untuk mengembangkan bakat-bakat dan potensi-potensi kalian”.

Menjawab pertanyaan peserta tentang bagaimana mengatur waktu, Fida menjawab bahwa kita harus mempunyai target pencapaian dan disiplin diri, karena sebagai konsultan memang bisa bekerja di mana saja, tidak terikat oleh presensi.  Itulah mengapa Fida memulai kariernya dengan riset. Riset ini sangat penting karena memberikan pengalaman-pengalaman praktis. Seperti kita ketahui bahwa pendidikan kita menang cenderung teoritik, minim pengalaman-pengalaman praktis.

Hal penting yang disampaikan Fida adalah, kalau S-1 sebaiknya masih mengambil di dalam negeri, agar tertanam nasionalisme yang kuat. Baru S-2 atau S-3 melanjutkan ke luar negeri. “S-1 saya adalah teknik Sipil UGM, baru kemudian S-2 saya di Belanda”, demikian dikatakan Fida. “Kuliah di luar negeri dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan sampingan, seperti pekerja di perusaahaan, dan terikat sehingga bisa berpindah-pindah. Kalau Saya lebih ke kegiatan riset”. Tentang kepemimpinan, pengalaman sebagai konsultan transportasi maritim Word Bank, salah satu kriteria yang penting adalah jujur.

SG berakhir pada pukul 11.00, diakhiri dengan penampilan vokal group siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta binaan mas Winan (guru musik) yang baru saja meraih juara 1 dalam lomba padua suara di Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY.

Kominfo Humas




KOMENTAR

BERITA LAINNYA

» Indeks

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

image Assalamu'alaikum wr.wb...

Detail

PADMANABA VOTES

Apakah website ini bagus ?





Lihat Hasil

BANNER


KATEGORI


ARSIP 2017