Welcome to Padmanaba Official Site.

Bhakti vidya ksatria tama. Tan lalana labet tunggal bangsa. Jaya, jaya Padmanaba!


Watch video
BERITA

Perjalanan Mareeka raih prestasi gemilang pada ajang NSDC (National School Debating Championship) 2017

Perjalanan Mareeka raih prestasi gemilang pada ajang NSDC (National School Debating Championship) 2017

27 Mei 2017 Administrator Dibaca : 1048 Kali

NSDC (National Schools Debating Championship) adalah kompetisi debat parlementar tingkat SMA se-Indonesia. Selain sebagai kompetisi tingkat nasional yang diikuti oleh tim-tim yang mewakili berbagai provinsi di Indonesia, NSDC juga menjadi wahana seleksi delegasi Indonesia ke World Schools Debating Championship (WSDC) setiap tahunnya. NSDC Indonesia sudah dilaksanakan sejak tahun 2002 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Perjuangan NSDC saya dimulai dari lomba NSDC tingkat kota yang diadakan tanggal 28-29 September 2016. Untuk seleksi tingkat kota, saya turun sebagai perwakilan SMAN 3 Yk bersama Shania (XI IPS) dan Nasywa (XI IPA 5). Acuan untuk lanjut ke seleksi provinsi bukanlah hasil tim tetapi individual score. Hanya top 4 best speakers yang berhak lanjut ke seleksi tingkat provinsi mewakili Kota Yogyakarta. Dan sebagai tim, kami mendapatkan juara 2. Tetapi untuk top 4 best speakers, hanya saya yang lolos dr tim SMA 3. Saya menduduki posisi pembicara terbaik pertama, sedangkan Shania ke 6, dan Nasywa tidak masuk 10 besar. Sejak saat itu, saya melanjutkan perjuangan saya sendiri.

Di seleksi tingkat provinsi, saya dipertemukan oleh debater unggul pilihan setiap kabupaten dan juga Kota Yogyakarta. Kami diseleksi seharian penuh secara individual. Seleksi provinsi ini belum menentukan tim inti DIY, melainkan untuk memilih 6 orang yang berhak mengikuti tahap seleksi berikutnya. Akhirnya dipilihlah saya, Nizar (SMA 8), Farhan Zuhdi (SMA 8), Madiha Ainayya (SMAN 8 yk) , Amel (SMA BMD), dan Nusi (SMA BMD).

Kami ber 6 harus melewati 15x tahap seleksi untuk mencari 3 terunggul yang akan mewakili provinsi DIY. Seleksi ini dilakukan selama hampir 2 minggu, dan akhirnya yang terpilih adalah saya, Farhan Zuhdi, dan Madiha Ainayya. Setelah terpilih, kami dikirim mengikuti lomba open tingkat nasional di Sidoarjo untuk trial tim, di lomba ini peserta SMA dijadikan satu dengan mahasiswa mahasiswi. Kami berhasil menjadi satu-satunya tim yang lolos ke 8 besar, lanjut ke 4 besar namun kalah ketika berhadapan dengan UGM. Di lomba ini saya mendapatkan predikat best speaker.

Kembali ke Jogja dari Sidoarjo, kami langsung lanjut ke karantina untuk pelatihan tim NSDC DIY. Kami dikarantina selama 2 minggu dan tidak diperbolehkan untuk keluar. Latihan debat intensif kami jalani di Hotel Museum Batik Yogyakarta. Setelah karantina selesai, kami langsung lanjut ke lomba nasional yang diadakan di Jakarta.

Lomba di Jakarta memakan waktu seminggu, kami harus mulai dengan babak "preliminary rounds" dengan 5x debat selama berhari-hari untuk mencari tim yang berhak masuk ke 16 besar. Dalam 5 rounds ini, DIY tidak sekalipun terkalahkan dan menduduki posisi pertama di 16 besar dengan Team Score tertinggi. Lalu di babak eliminasi, kami melewati 3 rounds dulu hingga akhirnya lanjut ke Grand Final.

Di Grand final kami bertemu dengan sahabat kami, Tim dari Jawa Barat. Debat grand final sangat ketat. Kami berhasil menang dengan keputusan juri split 6 - 5. Ada 11 juri dan 6 memenangkan kami. Sehingga tim DIY berhasil membawa pulang medali emas. Dalam penghargaan individual, Mareeka menduduki posisi terbaik ke-2 , Zuhdi ke-3 , dan Ainayya ke 6. Maka dari itu kami berhak mengikuti seleksi ke WSDC 2018 (Word School Debating Championship) bersama top 15 best speakers lainnya. Perjalanan yang tidak mudah, hampir sebulan kami mempersiapkan ini semua dan Puji Tuhan semua terbayarkan.

Penulis : Mareeka Yinawati




KOMENTAR

BERITA LAINNYA

» Indeks

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

image Assalamu'alaikum wr.wb...

Detail

PADMANABA VOTES

Apakah website ini bagus ?





Lihat Hasil

BANNER


KATEGORI


ARSIP 2017